Kamis, 19 April 2012

TUGAS KELOMPOK PAPER PENGEMBANGAN TEKNOLOGI TV


ANALISIS PENGEMBANGAN ERP (INSOSYS) PADAN PT TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA


Oleh :


Muhamad Syehfani        (09411770040023)
Aji Sulistyo Putro          (09411770040142)
Dadang Priatna              (09411770040085)
VI B






PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
KARAWANG
2012




Latar Belakang

Kebutuhan akan informasi telah menjadi kebutuhan pokok setiap orang dan penguasaan atas informasi telah menjadi kunci dari keberhasilan setiap usaha. Dan salah satu industri media massa yang dominan adalah media televisi. PT Televisi Transformasi Indonesia merupakan salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia yang selalu memberikan yang terbaik bagi para pemirsanya. Untuk meningkatkan hal tersebut, perusahaan berusah membangun suatu system teknologi informasi yang mampu melakukan integrasi secara keseluruhan dan menghasilakn laporan yang dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat, cepat, efektif dan efisien.


Perumusan Masalah

Dari uraian tadi, penelitian ini akan melakukan analisis terhadap pengembangan ERP di PT Televisi Transformasi Indonesia dengan metode Information Economics. Diharapkan metode tersebut mampu melihat lebih luas manfaat ekonomis dari investasi yang dilakukan dengan memperhatikan faktor bisnis dan teknologi yang ada. Saat ini TRANS TV sendiri sedang mengembangkan ERP yang dibuat secara in-house dan diharapkan ERP yang baru tersebut dapat memperbaiki system yang sudah ada sebelumnya. Pendekatan secara non-finansial juga sangat penting seperti factor bisnis dan faktor teknologi yang dapat memberikan manfaat besar bagi perusahaan secara keseluruhan.


Pemecahan Masalah

            Industri media televisi merupakan industri yang kompleks. Ada dua konsumen dari media televise. Yaitu konsumen pemirsa adalah masyarakat yang menonton televisi, konsumen pengiklan adalah perusahaan yang mengiklankan berbagai macam produk dari berbagi macam industri. Organisasi media televisi di Indonesia secara garis besar terdiri dari lima stakeholder yaitu stasiun, produser program, masyarakat pemirsa, pengiklan, dan pemerintah. Dimana setiap bagian memiliki fungsi sendiri-sendiri. Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah aplikasi bisnis yang di desain untuk dapat menyediakan lingkungan yang terintegrasi dan sistematis bagi bisnis untuk aktivitas sehari-harinya. Sistem ERP menghubungkan sistem financial, manufaktur, SDM, distribusi dan order  management sistem ked ala sebuah sistem terintegrasi dengan data dan visibilitas dalam lingkungan bisnis.
            Arsitektur dari ERP adalah menghubungkan aktivitas SDM, analisa data, penjualan, layanan, supply chain management, financial dan manufaktur ke dalam sebuah sistem yang terintegrasi. Untuk implementasi dari sistem ERP sendiri membutuhkan biaya yang besar Karena bersifat kompleks. Karena membutuhkan hardware computer, software, database management, user dan komitmen dari management untuk menggunakan sistem ini. Pemikiran dimulai dengan proses analisis fakta tentang pelanggan dan kondisi perusahaan saat ini. Perancangan dilakukan terbagi dalam tiga tahapan utama, yaitu menganalisis INSOSYS yang berupa ERP bagi perusahaan, dampak ekonomis, dan pembobotan nilai. Tahap awal adalah menganalisis INSOSYS yang dilakukan melalui pendekatan financial dan non financial. Setelah itu dilanjutkan dengan perhitungan untuk mengetahui dampak ekonomis dari proyek INSOSYS. Lalu dilakukan pembobotan nilai dari segi bisnis domain dan teknologi domain. Adanya perubahan substansial pada beberapa elemen sistem pengiriman layanan computer di beberapa area. Investastasi awal yang dapat di pertimbangkan dalam staf, perangkat lunak, perangkat keras dan manajemen dibutuhkan untuk mengakomodasi proyek INSOSYS. Investasi itu tidak termasuk secara langsung tetapi mewakili investasi fasilitas IS untuk menciptakan lingkungan dari proyek INSOSYS.


Kesimpulan

            Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan yaitu awalnya FinApp dan beberapa aplikasi lainnya berperan sebagi Enterprise Software yang merupakan kumpulan aplikasi computer yang membantu sebagian besar aspek kebutuhan informasi suatu perusahaan dengan INSOSYS yang berfungsi sebagai ERP dan juga untuk menyeragamkan platform untuk proses automation. Lalu seluruh informasi mengenai proses dalam batasan perusahaan digabungkan dalam satu sistem. Efisiensi biaya karena sistem ini dikembangkan secara langsung dari staf IT Developer TRANS TV. Memiliki landasan sistem proses yang kuat sehingga dapat dikembangkan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan.


Saran

            Dari pembahasan tadi mungkin dapat dikembangkan lagi dari segi hardware (upgrade computer ke yang lebih baik dari segi spesifikasi) lalu pengembangan dari sistem sotware nya juga dapat ditingkatkan lagi ke software yang lebih kompleks dengan tingkat ke akuratan yang tinggi serta dari management database bisa ditingkatkan juga.


Daftar Pustaka

Escalle, C, M. Cotteleer, and R. Austin. 1999. Enterprise Resource Planning (ERP), Report no.9-699-020. Harvard Business School, Cambridge, MA.
Parker, Marilyn M. and Robert J. Benson. 1998, Information Economics: Linking Business Performance to Information Technology, 1st Ed, New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Wallace, Thomas F. and Michael H. Kremzar, 2001, ERP: Marking It Happen. New York: John Wiley & Sons, inc.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar