LAPORAN
“PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COMPACT DISC UNTUK MENAMPILKAN SIMULASI DAN VIRTUAL LABS
BESARAN-BESARAN FISIKA”
Oleh :
Aji Sulistyo Putro (09411770040142)
Muhammad Syehfani (09411770040023)
Dadang Priatna (09411770040085)
VI B
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
KARAWANG
2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas kasih dan perlindungan nya maka laporan ini dapat terselesaikan dengan baik.
Kami juga mengucapkan terima kasih kepada sumber-sumber referensi yang telah membantu kami baik secara langsung ataupun tidak dalam penyelesaian laporan ini. Isi dari pada laporan yang kami susun ini adalah mengenai Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Compact Disc. Laporan ini juga berisi mengenai opatikal disk dan tak lupa laporan ini juga berisi penjelasan tentang bagaimana cara kerja dari CD atau Compact Disc tersebut.
Kami sebagai penulis menyadari bahwa banyak kesalahan dan kekeliruan dalam menyusun laporan ini dan masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu kami dengan senang hati menerima usul atau saran/ kritikan yang bersifat membangun agar dalam penyusunan kalimatnya dapat benar dan jelas sesuai dengan yang diinginkan pembaca.
“Akhir kata semoga laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi siapa saja yang membaca nya”.
Karawang, April 2012
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pembelajaran yang selama ini dilaksanakan baik di tingkat dasar (SD) sampai dengan tingkat atas (SMA) atau bahkan perguruan tinggi, guru maupun dosen pembimbing masih banyak mendominasi pada saat proses belajar mengajar. Keterlibatan peserta didik dalam proses belajar mengajar tersebut menjadi rendah dan lebih cenderung ke satu arah yaitu dari pendidik ke peserta didik. Pembelajaran seperti ini tentu sangat membosankan karena para peserta didik menjadi kurang komunikatif dan dapat mengurangi minat serta motivasi belajar dari para peserta didik. Pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan komunikasi dan mengeluarkan ide ataupun gagasan antara sesama para peserta didik dalam suasana yang menyenangkan diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar dari para peserta didik.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka pada system belajar mengajar, kualitas pembelajaran harus diperbaiki secara menyeluruh baik dari segi metode, model, strategi, pendekatan, perangkat, maupun cara evaluasinya. Untuk mewujudkan hal ini, diperlukan inovasi-inovasi pembelajaran. Salah satu inovasi pembelajaran yang saat ini berkembang adalah pembelajaran dengan menggunakan computer multimedia. Pada penelitian ini berkonsentrasi pada pembuatan CD (Compact Disc) pembelajaran yang dapat menampilkan simulasi fisika bahkan virtual labs. Satu paket CD siap pakai memuat berbagai bidang kajian fisika antara lain mekanika, listrik dan magnet, getaran dan gelombang, radiasi, gas dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk membantu para peserta didik agar dapat memahami materi yang diberikan secara lebih jelas dan nyata.
Pemecahan Masalah
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan menciptakan CD pembelajaran berupa simulasi fisika dan Virtual Labs. Untuk manfaat pada pembelajaran ini adalah tersedianya media pembelajaran fisika berupa simulasi fenomena-fenomena fisika dan laboratorium virtual yang dapat digunakan untuk media pembelajaran baik sekolah maupun perguruan tinggi. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, khususnya pada bidang komputer telah banyak dimunculkan alat-alat media pembelajaran khususnya fisika seperti yang dihadirkan oleh Pustekkom dan Leybold yang dikenal dengan program multimedia. Program multimedia adalah media pembelajaran yang berbasis computer dengan menggabungkan semua media dari teks, grafis, foto, video, animasi, musik, narasi serta interaktivitas yang diprogram sesuai teori pembelajaran. Labs Virtual atau sering disebut simulasi komputer memegang peranan penting dalam pembelajaran sains. Karena pembelajaran sains dengan virtual akan membuat peserta didik lebih cepat untuk mengerti dan memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu dibuatkannya CD pembelajaran fisika yang dijalankan dengan menggunakan hyperlink Microsoft power point 2007 dengan program PHET, Osiloskop dan kalkulator. Keuntungan menggunakan Microsoft power point adalah karena program ini bisa disambungkan ke program lain bahkan internet. Oleh karena itu perlu dibuat hyperlink dari power point ke program.lain seperti PHET. Jika menu program PHET dipilih maka Microsoft Power point akan memanggil program PHET. Begitupun dengan program lain seperti osiloskop dan kalkulator. Untuk kalkulator sendiri dipilih kalkulator Khi3 karena kemampuannya selain sebagai alat hitung juga dapat menampilkan astronomi, geometri analisis grafik dan lain-lain.
BAB II
ISI
Analisis
Dalam pembuatan rancangan simulasi pembelajaran dalam bentuk CD ini sungguh kreatif, sehingga dapat mempermudahkan siswa-siswa atau murid-murid mudah untuk pembelajaran dalam rumus-rumus Fisika.
Metode penelitian tersebut menggunakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Universitas Mataram.
Ide/Saran Kami :
Menurut Kami pembuatan dalam bentuk CD dapat mempermudah pembelajaran yang berisikan simulasi fisika dan virtual labs selain itu berbasis compact disc. Alangkah baiknya jika CD tersebut dapat dicopy lebih banyak dan dapat diaplikasikan dalam jumlah daerah yang luas.
Penelitian ini masih dapat kita kembangkan lagi dengan program aplikasi yang lain seperti Visual basic, Delphi maupun java. Mungkin juga dapat kita tambahkan fitur maupun aplikasi tambahan yang nantinya diperlukan pada materi pembelajaran yang lain, sehingga menjadi program yang sifatnya general tinggal kita pilih materi pembelajaran.
Kesimpulan
Pembuatan media pembelajaran berbasis Compact Disc (CD) untuk menampilkan simulasi dan Virtual Labs besaran-besaran fisika menggunakan program pengendalinya adalah Microsoft Power Point 2007 yang di koneksikan (hyperlink) ke program PHET (Physics Education Technology), Osiloskop dan Kalkulator Khi3. Diharapkan dengan program dan media pembelajaran dengan multimedia ini, para peserta didik lebih dapat memahami tentang materi yang disampaikan dan menjadikan situasi pembelajaran lebih komunikatif.
DAFTAR PUSTAKA
-Richert G, 2007, Physics Simulation and Virtual Labs. http://www.hazelwood.k12.mo.us/~grichert/sciweb/applets.html diakses tanggal 12 juni 2007.
- Thorn, 1995, Multimedia Interaktif, www.ialf.edu/kipbipa/papers/OudaTedaEna.doc diakses tanggal 12 juni 2007.
kok singkat banget. g' ada laporan pasca produksi kyak gitu ta?
BalasHapus