ANALISIS SKRIPSI
Judul Skripsi : PEMBUATAN GAME "DANCE DANCE REVOLUTION" DENGAN VISUAL BASIC
Pembuat : Nicolas Priyono
Jurusan : Teknik Informatika
Fakultas : Teknik
Perguruan Tinggi : Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Pasca Sarjana : S1
Tahun : 2004
Klasifikasi :
Dalam skripsi yang telah dibuat tersebut secara keseluruhan termasuk kedalam kelompok Artificial Inteligence dan Robotik Klasifikasi Ilmu Komputer. Karena didalam Artificial Inteligence dan Robotik tersebut mengandung unsur :
Teori :
- Teori Logika
Karena dalam pembuatan game tersebut pastinya menggunakan unsur logika dalam pemrogramannya.
- Semantik dan Sintatik Model untuk Natural Language
Menggunakan bahasa pemrograman
- Conceptual Dependency
Pembuatannya Secara Konseptual
- Kinematics and Dynamics of Robot Motion
Abstraksi :
- Knowledge Representation
Mode tambahan dari representasi Ilmu Pengetahuan
- Metode Pencarian Heuristic
- Model Memori Manusia, Autonomous Learning
Dalam game ini dapat/mampu melebihi tingkat kepintaran disbanding manusia, contohnya dalam model memori.
- Logic Programing (Prolog)
Semua step – step dalam pembuatan pemrograman game tersebut, tentunya memerlukan pemrograman bersifat logika.
- Neural Network
- Sistem Pakar
Termasuk dalam perhitungan system matematik
Analisis dalam Bagian Metodologi Penelitian :
Pada bagian Metodologi Penelitian Skripsi yang berjudul Pembuatan Game Dance-dance Revolution dengan Visual Basic tersebut terdapat pada Bab 1 Pendahuluan, tepatnya Bab 1.5
Pengamatan :
Dalam uji coba pengamatannya penulis/pembuat melakukan hasil pengamatannya menggunakan program permainan DDR dan sejenisnya. Contohnya DDR yang diamati yaitu pada Playstation Versi 4th Mix dan 5th. Dan bagi saya sendiri dalam pengamatan tersebut sudah modern, karena dia mengamati dari versi-versi yang lumayan terbaru, sehingga hasil yang akan dibuat pastinya akan lebih bagus dan lebih canggih dari sebelumnya dalam segi hal apapun.
Dan yang lebih baiknya lagi, pengamatan dilakukan secaraa Source Code sehingga dapat memudahkan si pembuat. Dalam Sumber – sumber yang telah didapat, bagi saya kekurangannya si pembuat/penulis tidak dapat menyebutkannya secara keseluruhan, hanya menyebutkan sebagian saja. Mungkin karena memang tidak terlalu penting untuk secara keseluruhan di publikasikan, pembuat hanya mempublikasikan secara sebagian.
Studi Pustaka :
Dalam Studi Pustaka ini tentunya pembuat/penulis berkonsultasi terhadap seseorang khususnya Dosen Pembimbing.
Dalam hal ni pembuat/penulis merincikan terlebih dahulu beberapa hal yg dapat membantu dan mendukung dalam pemrograman permainan tersebut. Dan bagi saya perinciannya sudah lumayan secara detail.
Contohnya :
- Dari segi pemrograman terutama dalam VB
- Dalam pengolahan grafis, disini menggunakan Corel Draw dan Adobe Photoshop
- Microsoft Direct dengan VB
- Windows API dengan VB
- Pemrograman grafik dengan VB, dan
- Dasar animasi
Simulasi :
Dalam melakukan kegiatan simulasinya lumayan standar uji coba dan masih dapat dijangkau bagi kalangan banyak. Cukup untuk melakukan simulasi uji coba permainan yang dibuat tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar